5 Kelebihan Yamaha Vixion Dibanding CB150R Dan GSX-150
Motor naked sport 150 cc di Indonesia terdiri dari banyak pemain, salah satu yang menarik untuk dibahas adalah Yamaha Vixion. Apa sih kelebihan Yamaha Vixion dibanding para rival?
Satu yang jelas, kuda besi ini punya perjalanan panjang di pasar otomotif Indonesia. Vixion lahir sejak 2007, sekaligus menjadi yang paling tua dibanding Honda CB150R Streetfire dan Suzuki GSX-150 Bandit selaku kompetitor.
Dengan usia mencapai 14 tahun, Vixion berevolusi menjadi naked sport yang lebih modern. Kini hadir sistem pencahayaan LED, panel instrumen full digital, dan berbagai fitur lain yang sesuai zaman.
Yamaha juga membekali kuda besi seharga Rp 28,195 juta ini dengan berbagai keunggulan lain. Sebut saja mesin bertorsi besar, bobot ringan, fitur assit & slipper clutch, livery MotoGP, hingga hazard.
Total kami merangkum ada lima kelebihan Yamaha Vixion dibanding kompetitor. Buat kamu yang mau tahu, simak bahasan berikut sampai habis:
1. Mesin Yamaha Vixion Punya Torsi Paling Besar
Kelebihan Yamaha Vixion yang pertama adalah performa mesin. Kuda besi ini pakai jantung mekanis berkubikasi murni 149,8 cc. Di dalamnya terintegrasi teknologi pendingin cairan, SOHC, dan konfigurasi satu silinder.
Bila melihat spesifikasi di atas kertas, performa mesin Vixion sungguh oke. Terutama dari sisi torsi yang terbuas di kelasnya. Mesin tersebut sanggup memuntahkan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga 16,3 hp pada 8.500 rpm.
Coba bandingkan dengan Honda CB150R Streetfire yang cuma punya torsi 13,8 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga 16,85 hp pada 9.000 rpm. Sementara Suzuki GSX-150 Bandit memiliki torsi 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga 18,9 hp pada 10.500 rpm.
Baik CB150R Streetfire dan GSX-150 jelas kalah dari sisi torsi kalau melawan Vixion. Hanya saja, tenaga kedua rival tersebut lebih hebat.
Jika kamu ingin performa yang lebih mantap, Vixion bahkan punya varian tertinggi yang unggul dalam hal tenaga serta torsi dibanding kompetitor. Varian tersebut bernama Yamaha Vixion R.
Kelebihan Yamaha Vixion R ada di kapasitas mesin yang pakai 155 cc. Lalu ada tambahan teknologi katup variabel (VVA). Di atas kertas, jantung mekanis tersebut bisa memuntahkan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga 19,03 hp pada 10.000 rpm. Gila!
Dengan keunggulannya tersebut, berkendara dengan Vixion R tentu jadi sangat menyenangkan. Sekadar melahap tanjakan dan menyalip kendaraan lain, bukan masalah.
Spesifikasi Mesin Yamaha Vixion
Vixion | Vixion R | |
Tipe Mesin | Pendingin Cairan, 4-stroke, SOHC | Tipe MesinPendingin Cairan, 4-stroke, SOHC |
Konfigurasi Silinder | Satu Silinder | Satu Silinder |
Diameter X Langkah (Bore X Stroke) | 57 x 58.7 mm | 58 x 58.7 |
Kompresi | 10.4 : 1 | 11.6 : 1 |
Kapasitas Mesin | 149,8 cc | 155,1 cc |
Tenaga Maksimal | 16,3 hp / 8.500 rpm | 19,03 hp / 10.000 rpm |
Torsi Puncak | 14,5 Nm / 7.500 rpm | 14,7 Nm / 8.500 rpm |
Sistem Transmisi | 5-percepatan manual | 6-percepatan manual |
2. Fitur Assist & Slipper Clutch
Kelebihan Yamaha Vixion selanjutnya ada di fitur assist & slipper clutch. Fungsi assist clutch membuat kopling lebih empuk, sehingga pengendara semakin nyaman saat menunggangi Vixion. Lalu slipper clutch hadir di Vixion untuk mencegah roda belakang selip, saat pengendara menurunkan gigi terlalu cepat.
Fitur assist & slipper clutch disebut sebagai keunggulan Vixion, lantaran kompetitor seperti Honda CB150R Streetfire dan Suzuki GSX-150 Bandit belum memilikinya. Yamaha memang cukup di depan untuk kehadiran teknologi yang satu ini.
3. Bobot Yamaha Vixion Lebih Ringan dari Honda CB150R Streetfire
Di atas kertas kelebihan Yamaha Vixion adalah bobotnya ringan. Motor naked sport pabrikan garpu tala ini cuma punya berat total 132 Kg. Sementara varian Vixion R 131 Kg. Lebih ringan dari Honda CB150R Streetfire yang punya bobot 135 Kg.
Walau demikian, Vixion memang bukan yang paling ringan. Pasalnya Suzuki GSX-150 Bandit memiliki berat 130 Kg. Meski begitu, dilihat dari dimensi, ukuran roda, dan bobot, sepertinya Vixion paling pas.
Naked sport 150 cc pabrikan garpu tala tersebut punya dimensi panjang 1.955 mm, lebar 720 mm, dan tjnggi 1.025 mm. Rangkanya pakai deltabox, beda dari kompetitor yang mengandalkan teralis. Kemudian soal ukuran roda pakai 90/80-17 inci di depan dan 120/70-17 inci di belakang. Ukuran karet bundar tersebut tidak terlalu besar, nyaman untuk meliak-liuk di kepadatan jalan.
Spesifikasi Dimensi Yamaha Vixion
Panjang X Lebar X Tinggi | 1955 x 720 x 1025 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1295 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 165 mm |
Tinggi Jok | 795 mm |
Berat Total | 132 Kg |
Kapasitas Tangki bensin | 12 Liter |
Ban Depan | 90/80-17M/C 46P |
Ban Belakang | 120/70-17M/C 58P |
4. Pilihan Livery MotoGP
Hal menarik lain yang jadi kelebihan Yamaha Vixion, punya pilihan livery MotoGP. Biasanya grafis bodi seperti ini cuma dimiliki motor sport full fairing. Hanya saja pabrikan garpu tala menerapkan kebijakan beda, sehingga Vixion sebagai motor naked sport juga pakai grafis ala MotoGP.
Alhasil tampilan Vixion jadi mirip tunggangan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo di ajang MotoGP. Ciri khasnya penggunaan warna bodi kombinasi hitam dan biru. Ada pula logo sponsor Yamaha di MotoGP yaitu Monster Energy, Yamalube, dan Eneos.
5. Fitur Hazard
Kelebihan Yamaha Vixion yang terakhir adalah punya fitur hazard. Fungsinya untuk memberi tanda ke pengendara lain, kalau motor kamu dalam keadaan darurat.
Hanya saja banyak yang salah kaprah tentang lampu hazard. Mereka menggunakannya saat berkendara. Padahal pengaktifannya baru boleh dilakukan ketika motor berhenti di pinggir jalan. Hal tersebut sesuai UU No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1.
Fitur hazard disebut sebagai kelebihan Vixion, lantaran kompetitor seperti Suzuki GSX-150 Bandit dan Honda CB150R Streetfire tidak memilikinya.
Setelah mengetahui lima kelebihan Yamaha Vixion dibanding para kompetitor, apakah kamu tertarik memilikinya? Geng garpu tala menjual Vixion dengan harga mulai Rp 28,195 juta juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut lebih murah dibanding Honda CB150R Streetfire yang dijual Rp 29,7 juta (OTR Jakarta).
Hanya saja memang Vixion bukanlah motor 150 cc termurah di kelasnya. Masih ada Suzuki GSX-150 Bandit yang cuma dijual Rp 27,3 juta (OTR Jakarta).
[ad_2]